<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN"^^ . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN\r\nOleh:\r\nMirza Hikmatyar\r\n10520244033\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang game edukasi \"Indonesiaku\" sebagai pengenalan warisan budaya Indonesia untuk anak usia 12-15 tahun, (2) mengetahui kelayakan game edukasi \"Indonesiaku\" untuk pengenalan warisan budaya Indonesia untuk anak usia 12-15 tahun, (3) mengetahui hasil analisis kualitas game yang dikembangkan menurut aspek performance efficiency, functional suitability, compatibility, dan usability.\r\nPenelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan perangkat lunak waterfall, yaitu analisis kebutuhan, desain, pengkodean dan pengujian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, kuisioner, dan instrumen. Penelitian ini melibatkan beberapa viewer, yaitu empat orang ahli media untuk validasi media, dua orang ahli materi dan dua guru untuk validasi materi, empat developer untuk uji functional suitability, dan 20 siswa di SMP N 1 Warungasem. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, observasi, dan instrumen penelitian.\r\nHasil penelitian diketahui bahwa: 1) hasil pengujian kelayakan ahli media mendapatkan rerata skor 4,22 (Sangat Layak), hasil pengujian kelayakan ahli materi mendapatkan persentase 98% (Valid), 3) hasil pengujian performance efficieny telah terpenuhi karena tidak mengalami memory leak dan penggunaan CPU rata-rata sebesar 3%, 4) hasil pengujian functional suitability sebesar 100% dan telah memenuhi kriteria functionality sanity check oleh AQuA, 5) hasil pengujian compatibility sebesar 100%, dan 6) hasil pengujian usability mendapatkan hasil persentase sebesar 82,6 (Sangat Layak) dan nilai Alpha Cronbach dengan nilai 0,83 (Good).\r\nKata kunci: game edukasi, warisan budaya, Android, ISO 25010, media pembelajaran"^^ . "2015-06-17" . . . "UNY"^^ . . . "Fak. Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Hikmatyar"^^ . "Mirza"^^ . "Hikmatyar Mirza"^^ . . . . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN (Text)"^^ . . . "MIRZA HIKMATYAR 10520244033.pdf"^^ . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU”\r\nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20794 \n\nANALISIS PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “INDONESIAKU” \nSEBAGAI PENGENALAN WARISAN BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK USIA 12-15 TAHUN\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .