%O Pendidikan Sains Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta %J PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR %D 2014 %T PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR %L UNY20749 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan subject specific pedagogy (SSP)tematik untuk mengembangkan karakter tanggung jawab, kepedulian, kedisiplinan, dan jujur siswa sekolah dasar kelas I, II, dan II. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian ini meliputi tahap penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan dan perancangan, penyusunan draf SSP, dan pengembangan produk SSP yang terdiri dari penilaian kelayakan draf SSP, dan, revisi dan uji coba lapangan. Hasil penelitian bahwa SSP yang dikembangkan layak berdasarkan penilaian oleh validator dan terbukti efektif meningkatkan karakter kejujuran, disiplin, peduli, dan tanggung jawab siswa kelas I, II, dan III SD yang ditunjukkan dari hasil observasi pada saat pembelajaran. %K SSP, Tematik, Karakter %A Wilujeng Insih %A Siasah Masruri Muhsinatun %A Nur Wangid Muhammad