eprintid: 20740 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/02/07/40 datestamp: 2015-06-16 07:04:16 lastmod: 2018-09-06 03:05:28 status_changed: 2015-06-16 07:04:16 type: article metadata_visibility: show creators_name: Subali, Bambang creators_name: Maryam, Siti creators_id: b_subali@yahoo.co.id corp_creators: LPPM UNY title: PENGUKURAN KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP FENOMENA KEHIDUPAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: F1 subjects: subject_lppm divisions: lppmp full_text_status: public keywords: kreativitas, keterampilan proses sains, partial credit model note: Biologi FMIPA UNY abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes kreativitas keterampilan proses sains (KPS) aspek kehidupan pada IPA SD menggunakan item yang fit dengan Partial Credit Model serta untuk mengetahui penguasaan kreativitas KPS testi. Penelitian ini kelanjutan penelitian tahap I yang telah diawali dengan mengembangkan learning continuum KPS, menyusun item, telaah pakar, uji coba pada 637 testi Kelas V dan VI menggunakan penskoran model divergen. Hasilnya satu dari 63 item kurang fit mengikuti batas Infit MNSQ, namun fit jika mengikuti batas Infit t. Skor mentah 3 sampai 82, rata-rata 49,89 dari skor maksimum 126. Pada penelitian ini dilakukan pemisahan item menjadi 4 perangkat tes. Tiap perangkat tes dilengkapi anchor item, tiap peserta didik hanya mengerjakan satu perangkat tes yang terdiri atas 20 item dengan dua jawaban benar. Penskoran menggunakan pola penskoran kreatif, satu jawaban benar ≤20% diberi skor 3, >20%-40% diberi skor 2, dan >40% diberi skor 1. Empat perangkat tes diujikan pada peserta didik kelas IV dan V. Tes I diikuti oleh 783 testi, tes II diikuti oleh 764 testi, tes III diikuti 763 testi, dan tes IV diikuti 760 testi. Hasilnya, seluruh item fit dengan model, namun ada 1 item yang hanya sampai skor 4 dan 1 item yang hanya sampai skor 2 dari skor maksimum 6 tiap item. Skala logit tingkat kesulitan item rata-rata 0,0 ± 0,28 sementara kemampuan testi hanya mencapai rata-rata -0,63 ± 0,18. Uji coba buku panduan diikuti 30 guru dan pengawas, dan hasil tes pemahaman untuk guru mencapai skor 71,4 dan pengawas 68,8. date: 2015 date_type: published publication: ARTIKEL PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI refereed: TRUE citation: Subali, Bambang and Maryam, Siti (2015) PENGUKURAN KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP FENOMENA KEHIDUPAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. ARTIKEL PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI. document_url: http://eprints.uny.ac.id/20740/1/Prof.%20Dr.%20Bambang%20Subali-ARTIKEL%20Hikom%202014.pdf