@phdthesis{UNY20736, year = {2014}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Harini Endang Sri Rahayu}, title = {PENINGKATAN KREATIVITAS PEMBUATAN POLA LANTAI DALAM PEMBELAJARAN TARI CANTRIK MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIII A SMPN 2 MATESIH KARANGANYAR JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013-2014}, month = {April}, url = {http://eprints.uny.ac.id/20736/}, keywords = {kreativitas, pola lantai,Cooperative Learning tipe Jigsaw, media audiovisual}, abstract = {Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan pola lantai tari Cantrik dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan media Audiovisual . Penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Matesih Karanganyar Jawa Tengah pada bulan November sampai dengan Januari 2014. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdapat 4 tahap yaitu :1) perencanaan,2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Evaluasi dan refleksi. Data Kualitatif dianalisis secara deskriptif Kualitatif, data kuantitatif dianalisis deskriftif kuantitatif secara sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan sebagai berikut : Ada peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran tari, peningkatan kerjasama dengan teman, siswa kreatif dalam membuat pola lantai tari Cantrik, serta percaya diri waktu mempresentasikan pola lantai yang mereka buat, dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan dalam mengikuti proses pembelajaran tari Cantrik. Peningkatan kreatifitas juga didukung oleh data Kuantitatif bahwa skor semula 73,90 namun setelah diterapkannya metode Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan media audiovisual pada siklus 1 telah mengalami peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran tari dengan rata-rata skor 75,18. Hasil penelitian pada siklus 2 sangat meningkat ternyata kreatifitas siswa meningkat dengan rata-rata skor 80,96. Sehingga siswa mampu mengembangkan kreativitas yang mereka miliki dalam pembelajaran tari khususnya.} }