TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/20691/ ID - UNY20691 M1 - skripsi KW - sikap KW - gender KW - prestasi belajar bahasa Indonesia AV - public TI - PENGARUH SIKAP DAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI KELAS VII DI KECAMATAN SLEMAN YOGYAKARTA 2013/2014 A1 - Yuniarti, Rohmah Dwi PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara: 1) sikap dengan prestasi belajar bahasa Indonesia, 2) gender dengan prestasi belajar bahasa Indonesia 3) sikap dan gender secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman, Yogyakarta dengan jumlah 818 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi untuk prestasi belajar, angket untuk sikap, dan data pribadi siswa untuk gender. Validitas yang dilakukan adalah validitas konstruk dan validitas isi oleh expert judgment. Validitas konstruk untuk angket sikap terhadap pembelajaran bahasa Indonesia diperoleh hasil 38 pernyataan yang layak digunakan untuk penelitian dari 60 soal yang diujicobakan. Reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Croanbach yang menunjukkan hasil 0,952 sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Analisis data hasil penelitian dimulai dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Dilakukan pula uji hubungan antar variabel dengan menggunakan korelasi product moment. Untuk mengetahui perbedaan rata-rata sikap dan prestasi belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan mengunakan T-test. Pengaruh sikap dan gender terhadap prestasi belajar dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan sikap terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman, Yogyakarta dengan sumbangan signifikansi 0,000 < dari 0,05, 2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan gender terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sleman, Yogyakarta karena nilai signifikansi 0,374 > 0,05 dan 3) da pengaruh yang positif dan signifikan sikap dan gender secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan sumbangan pengaruh sikap dan gender secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia adalah 69,8%. Y1 - 2014/04/23/ ER -