%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemberian kompensasi non finansial (2), kinerja guru, serta (3) pengaruh pemberian kompensasi non finansial terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel yaitu pemberian kompensasi non finansial dan kinerja guru. Subjek dalam penelitian ini adalah 63 guru SMP di Kecamatan Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemberian kompensasi non finansial di SMP Negeri se Kecamatan Bantul secara keseluruhan berada pada kategori baik, dengan persentase sebesar 77,43%, yang meliputi aspek promosi sebesar 77,06%, pengembangan diri (DIKLAT) sebesar 78,17%, serta aspek lingkungan kerja sebesar 77,25%. (2) kinerja guru di SMP Negeri se Kecamatan Bantul secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik, yaitu dengan skor persentase sebesar 92,13%, yang meliputi aspek perencanaan pembelajaran sebesar 93,3%, aspek pelaksanaan pembelajaran sebesar 90,8%, dan aspek penilaian dan tindak lanjut hasil penilaian sebesar 92,3%. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian kompensasi non finansial terhadap kinerja guru SMP Negeri se Kecamatan Bantul, hal ini ditunjukkan oleh harga > pada taraf kesalahan sebesar 5% yaitu 6.208 > 1.67 dengan n=63, dengan harga R sebesar 0.622 dan sebesar 0,387, yang artinya bahwa pemberian kompensasi non finansial mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 38,7%, sedangkan 61,3% yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. %A Prasojo Dhendhi Bagus %L UNY20626 %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE KECAMATAN BANTUL