TY - THES Y1 - 2014/06/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar yang signifikan pada keterampilan menulis bahasa prancis antara siswa yang diajar dengan menggunakan media permainan bahasa silang datar dengan siswa yang diajar menggunakan buku teks. (2) untuk mengetahui keefektifan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis yang menggunakan media permainan bahasa silang datar dan buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 6 Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa.Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk sedangkan reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan nilai t-hitung sebesar 11,541 dengan db=54 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t- tabel yaitu sebesar 2,00488 yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Hal ini menunjukan perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis bahasa Prancis siswa yang diajar dengan media permainan bahasa silang datar dengan buku teks. Peningkatan nilai keterampilan menulis kelas eksperimen sebesar 2,5. Sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 0,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan bahasa silang datar lebih efektif daripada pengajaran menggunakan buku teks pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis. PB - Fakultas Bahasa dan Seni A1 - Nisviharyati, Devi AV - public KW - media permainan bahasa KW - silang datar KW - menulis TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN BAHASA SILANG DATAR PADA PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS KELAS XI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA M1 - skripsi ID - UNY20618 UR - http://eprints.uny.ac.id/20618/ ER -