eprintid: 206 rev_number: 13 eprint_status: archive dir: disk0/00/00/02/06 datestamp: 2012-06-20 02:56:34 lastmod: 2019-10-02 02:15:45 status_changed: 2012-06-20 02:33:23 type: experiment metadata_visibility: show creators_name: Ali Mahmudi, M.Pd. corp_creators: Himmawati Puji Lestari title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE PROBLEM POSING DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOLABORATIF ispublished: pub subjects: F4 divisions: fmipa_jurdik_math_math full_text_status: public abstract: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode problem posing dalam setting pembelajaran kolaboratif, tanggapan mahasiswa, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan, dan hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode problem posing dalam setting pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY pada mata kuliah Geometri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket tanggapan mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif (mendeskripsikan implementasi pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah) dan kuantitatif (tanggapan mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa). Pembelajaran dengan mengimplementasikan metode problem posing dalam seting pembelajaran kolaboratif dilaksanakan sebagai berikut. Kegiatan pendahuluan : dosen dengan memberikan gambaran materi yang akan dibahas, kegiatan inti : suatu kelompok penyaji mempresentasikan ringkasan materi dan soal-soal beserta penyelesaiannya, dilanjutkan dengan forum diskusi dan tanya jawab antara kelompok penyaji dengan mahasiswa, dan kegiatan penutup dilaksanakan oleh dosen dengan mereview hasil diskusi dan menyampaikan hal-hal yang belum dipahami mahasiswa. Pada siklus 2, ditambah kegiatan presentasi soal oleh suatu kelompok secara sukarela dan pada akhir siklus pembelajaran diisi dengan pembahasan soal-soal yang diajukan oleh mahasiswa secara berkelompok. Sebagian besar mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran, yaitu sebesar 77,88%. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa meningkat. Hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran dapat dikatakan meningkat dari siklus1 ke siklus 2. FMIPA, 2007 (PEND. MATEMATIKA) date: 2007-12-31 date_type: published publisher: UNY citation: Ali Mahmudi, M.Pd. (2007) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE PROBLEM POSING DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOLABORATIF. [Experiment/Research] document_url: http://eprints.uny.ac.id/206/1/Ali_Mahmudi.pdf