TY - THES Y1 - 2015/06/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Percobaan 4 Wates dan pembelajaran matematika yang belum melibatkan semua jenis kecerdasan majemuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Percobaan 4 Wates. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Percobaan 4 Wates. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, dan 2) observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Percobaan 4 Wates. Hal ini berarti strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, sehingga siswa yang mendapatkan pembelajaran yang menerapkan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk akan memiliki hasil belajar yang baik. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Majemuk, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar A1 - Larasati, Niken PB - PGSD M1 - skripsi ID - UNY20594 TI - PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/20594/ ER -