<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF"^^ . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nOleh :\r\nLucky Kelana Putra\r\nNIM. 09518241005\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model\r\npembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Divisions (STAD)\r\ndengan memanfaatkan media pembelajaran Liquid Actuator Arm Robot dalam\r\nmeningkatkan kompetensi siswa kelas XII program keahlian TITL SMK 1 Sedayu\r\npada standar kompetensi mengoperasikan PLC.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam\r\ntiga siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat\r\ntahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.\r\nPengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk\r\nmengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk\r\nmengetahui peningkatan aspek afektif siswa serta lembar observasi psikomotorik\r\nuntuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang\r\ndigunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan\r\ndata, dan menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk\r\nmasing-masing indikator afektif adalah 75%, sedangkan kriteria keberhasilan\r\nyang ditetapkan untuk prestasi belajar dan nilai psikomotor siswa adalah 75,00.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model\r\npembelajaran kooperatif teknik STAD dengan memanfaatkan media\r\npembelajaran Liquid Actuator Arm Robot, kompetensi siswa pada standar\r\nkompetensi mengoperasikan PLC mengalami peningkatan. Peningkatan yang\r\nterjadi pada aspek kognitif adalah sebesar 62,39%, rata-rata nilai pretest yang\r\nsemula hanya mencapai 49,89 pada siklus pertama, meningkat menjadi 81,02\r\npada posttest siklus ketiga. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif adalah\r\nsebesar 86,82%, prosentase afektif siswa yang semula hanya mencapai 49,01%\r\npada pertemuan pertama, meningkat menjadi 82,22% pada pertemuan ke\r\nsembilan. Peningkatan yang terjadi pada aspek psikomotorik adalah sebesar\r\n57,49%, nilai psikomotorik siswa yang semula hanya mencapai 57,25 pada\r\npraktikum pertama, meningkat menjadi 89,06 pada praktikum ke tujuh.\r\nKata kunci : kompetensi, pembelajaran kooperatif, student team achievement\r\ndivisions, programmable logic controller."^^ . "2015-06-15" . . . "U N Y"^^ . . . "Fakultas Teknik, U N Y"^^ . . . . . . . . . "Kelana Putra"^^ . "Lucky"^^ . "Kelana Putra Lucky"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Text)"^^ . . . "Lucky Kelana Putra 09518241005.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC\r\nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU\r\nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #20564 \n\nPENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC \nSISWA PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK 1 SEDAYU \nMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Mekatronika"@en . .