%0 Generic %A Farida, Hanum %A Arif, Rohman %A Sisca, Rahmadonna %A LPPM UNY, %D 2014 %F UNY:20532 %K difusi model KIE, komunikasi informasi edukasi (KIE), masyarakat marginal %T PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI MODEL KOMUNIKASI INFORMASI EDUKATIF (KIE) PADA ABSTRAK MASYARAKAT MARGINAL DI KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/20532/ %X PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI MODEL KOMUNIKASI INFORMASI EDUKATIF (KIE) PADA ABSTRAK MASYARAKAT MARGINAL DI KOTA YOGYAKARTA Farida Hanum, Arif Rohman, dan Sisca Rahmadonna Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendifusikan model komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) pada masyarakat marginal di kota Yogyakarta; Meningkatkan sikap positif orangtua dalam mengimplementasikan model KIE untuk mengembangkan karakter anak; Mengimplementasikan model KIE oleh orang tua untuk pengembangan karakter anak khususnya di lingkungan masyarakat marginal kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D). Subjek penelitian adalah orang tua pada keluarga masyarakat marginal di kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen, yang didukung focus group discussion (FGD) serta fieldnote/logbook. Data dianalisis secara kualitatif melalui data reduction, data display, dan reflection drawing/ verification. Target luaran dalam penelitian tahun ke tiga adalah: difusi model KIE untuk mengembangkan karakter anak; buku panduan praktis pembelajaran karakter untuk orang tua di lingkungan marginal Yogyakarta; Artikel Ilmiah untuk jurnal Internasional. Kata kunci: difusi model KIE, komunikasi informasi edukasi (KIE), masyarakat marginal. %Z PENELITIAN STRATEGIS NASIONAL