TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id/ ID - UNY20497 A1 - Safitri, Farida Yuliana TI - IMPLEMENTASI METODE READING GUIDE DAN METODE DISKUSI PANEL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Y1 - 2013/// N2 - Pembelajaran sejarah selama ini terkesan membosankan karena dominan dengan ceramah, keterbatasan buku penunjang pelajaran dan penyampaian materi yang monoton berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar, sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah mengetahui implementasi Metode Reading Guide dan Metode Diskusi Panel untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman, kendala serta kelebihan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif. Pelaksanaan Metode Reading Guide dan Metode Diskusi Panel diawali dengan membagi siswa menjadi 5 kelompok, membagi bahan bacaan berdasarkan kisi-kisi, siswa mempelajari materi, dan membuat ringkasan, perwakilan kelompok maju kedepan kelas mempresentasikan ringkasan materi kemudian didiskusikan secara panel, perwakilan kelompok menanggapi secara bergiliran, pendengar diberikan kesempatan menanggapi, bertanya dan mengemukakan gagasan, diakhiri dengan pembacaaan kesimpulan oleh pemimpin diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Metode Reading Guide dan Metode Diskusi Panel yang kemudian dikolaborasikan dengan media gambar dan permainan pesawat tempur dapat meningkatkan prestasi belajar. Pada siklus I prestasi belajar mencapai rata-rata sebesar 72,85, siklus II meningkat menjadi 78,28 dan siklus III meningkat menjadi 86,85. Kelebihan penerapan metode ini yaitu siswa berperan aktif memahami materi tidak lagi bergantung pada guru dan melatih kerjasama antar siswa. Kendala yang dihadapi yaitu suasana kelas yang kurang kondusif, perlu adanya koordinasi yang baik sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar. Kata Kunci: Metode Reading Guide dan Metode Diskusi Panel, Prestasi Belajar PB - Fakultas Ilmu Sosial M1 - skripsi AV - public ER -