eprintid: 20465 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/02/04/65 datestamp: 2015-06-12 05:49:15 lastmod: 2015-06-12 05:49:15 status_changed: 2015-06-12 05:49:15 type: article metadata_visibility: show creators_name: Rachmawati, Umi creators_name: Madya, Suwarsih corp_creators: LPPM UNY title: PENGEMBANGAN WEBQUEST SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1MUNTILAN ispublished: pub subjects: D8 subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran, WebQuests note: PPs UNY abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca bagi siswa kelas dua SMAN 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014. Pengembangan WebQuests dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yakni analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan ujicoba. Analisis kebutuhan dilakukan melalui proses studi pustaka, membuat instrumen analisis kebutuhan, pengumpulan data kebutuhan siswa, dan menganalisis kebutuhan siswa. Pada tahap pengembangan produk, peneliti mengembangkan produk awal, dan memvalidasi produk awal pada ahli. Tahap ujicoba dilakukan dua kali, yakni ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Data yang diperoleh dari siswa dan ahli terhadap penggunaan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca dikumpulkan melalui diskusi kelompok, kuesioner, dokumen, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan WebQuests dari aspek kualitas isi dapat dikategorikan sebagai bagus. Pengembangan produk tersebut telah berhasil mencapai tujuan dalam memfasilitasi siswa kelas dua dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Muntilan date: 2014-05 date_type: published publication: Jurnal Kependidikan volume: 43 number: 1 publisher: LPPM UNY pagerange: 83-91 refereed: TRUE issn: 0125-992X citation: Rachmawati, Umi and Madya, Suwarsih (2014) PENGEMBANGAN WEBQUEST SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1MUNTILAN. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 83-91. ISSN 0125-992X document_url: http://eprints.uny.ac.id/20465/1/2194