@phdthesis{UNY2045, year = {2010}, author = {ATSNAN MF}, title = {PEMBELAJARAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MELALUI PERMAINAN DAKON}, school = {UNY}, month = {July}, url = {http://eprints.uny.ac.id/2045/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui permainan dakon di kelas II SD Negeri Nglarang, Mlati, Sleman. Penelitian ini difokuskan pada penerapan dakon dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan, serta usaha peningkatan perhatian dan motivasi belajar siswa pada materi tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan data langsung sebagai latar ilmiah, data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan dari subyek penelitian dan lebih mementingkan proses daripada hasil. Data kuantitatif yang berupa angka-angka hanya digunakan sebagai pendukung data deskriptif. Laporan penelitian berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut yang tersaji melalui pendeskripsian mengenai masalah-masalah yang diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan dakon dapat digunakan sebagai variasi media dalam pembelajaran konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah, melalui langkah-langkah pembelajaran matematika SD yang mencakup tiga langkah utama, yakni penanaman konsep dasar, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan. Melalui permainan dakon, perhatian dan motivasi belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Karakteristik siswa yang biasanya hiperaktif dan sulit untuk dikendalikan pada pembelajaran, menjadi lebih terarah dan terfokus pada penjelasan materi dan peragaan dakon dari guru. Selain itu, siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, berpartisipasi aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung, serta adanya kompetisi pada saat pembahasan LKS. Kata kunci : dakon, perhatian belajar, motivasi belajar} }