@article{UNY20448, year = {2014}, title = {PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY}, note = {FMIPA UNY}, publisher = {LPPM UNY}, number = {1}, pages = {15--25}, month = {May}, journal = {Jurnal Kependidikan}, author = {Jumadi Jumadi and Vinta Atiarani and Rahayu DS Renowati}, volume = {43}, url = {http://eprints.uny.ac.id/20448/}, keywords = {Perangkat pembelajaran, Model Susan Loucks-Horsley, sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA, penguasaan materi IPA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Model Susan Loucks-Horsley yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA Terpadu di SMP, menyelidiki efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA dan penguasaan materi IPA siswa. Penelitian menggunakan metode R\&D model Borg \& Gall. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran untuk penilaian Silabus, RPP, dan LKS oleh ahli; angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap IPA; lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Susan Loucks-Horsley; serta lembar pretest-postest untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi yang dicapai siswa setelah pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran Model Susan Loucks-Horsley yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran IPA Terpadu di SMP, berdasarkan validasi ahli dan uji coba lapangan; (2) perangkat pembelajaran yang dikemangkan efektif untuk meningkatkan sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA dan penguasaan materi IPA siswa.} }