relation: http://eprints.uny.ac.id/20403/
title: PENGARUH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM  SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU DALAM  PROSES PEMBELAJARAN DI SMK SE-KECAMATAN BANTUL
creator: Wakhid, Hidayat
subject: Rekayasa Teknologi
description: PENGARUH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM  SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU DALAM  PROSES PEMBELAJARAN DI SMK SE-KECAMATAN BANTUL  Oleh :  Wakhid Hidayat  09520244018  ABSTRAK  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang kinerja guru  yang sudah bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran, mengetahui  gambaran kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik dalam proses  pembelajaran dan mengetahui pengaruh kebijakan pendidikan melalui program  sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMK  Se-Kecamatan Bantul.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan  metode penelitian Ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMK  Se-Kecamatan Bantul yang berjumlah 68 guru. Pengumpulan data dalam  penelitian ini menggunakan angket. Angket diberikan kepada siswa dan Kepala  Sekolah. Dari penilaian siswa dengan Kepala Sekolah ada hubungan yang sangat  kuat yang ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,968. Pengujian  pra syarat analisis meliputi : uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis  data menggunakan uji-t polled varians.  Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam  proses pembelajaran berkategori Sangat Tinggi 81,4 % dengan jumlah responden  35 dan kategori Tinggi 18,6 % dengan 8 responden. Sedangkan kinerja guru  belum bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran yang berkategori Sangat  Tinggi 64 % dengan jumlah responden 16 dan kategori Tinggi 36 % dengan 9  responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sertifikasi profesi guru  berpengaruh pada kinerja guru dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan  dengan perbedaan kinerja guru yang sudah bersertifikat pendidik dengan kinerja  guru belum bersertifikat pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini  ditunjukkankan dari hasil thitung sebesar 3,160 yang dikonsultasikan dengan harga  ttabel yang besarnya 1,665 (3,160 > 1,665).  Kata Kunci : sertifikasi, kinerja guru
date: 2015-05-12
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/20403/1/Wakhid%20Hidayat%2009520244018.pdf
identifier:   Wakhid, Hidayat  (2015) PENGARUH KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM SERTIFIKASI PROFESI GURU TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK SE-KECAMATAN BANTUL.  S1 thesis, UNY.