TY - THES PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Suprapto, Wasis N2 - Keaktifan dan hasil belajar IPS di kelas VII SMP Negeri 5 Sleman masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPS adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) di kelas VII C SMP Negeri 5 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tiga komponen yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Penelitian mengunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu apabil rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa mencapai presentase 75% atau lebih. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa yaitu (1) memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, (2) pembelajaran tidak hanya menekankan aspek kognitif tetapi juga afektif, (3) pembelajaran berpusat pada siswa, dan (4) guru hanya berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Cara peningkatan belajar ini tenyata terbukti bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII C. Keaktifan belajar siswa bisa meningkat dari 64,52% menjadi 83,87%. Selain itu, cara ini juga berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar dari 67,74% menjadi 80,65%. Berdasarkan hasil tersebut maka penerapan model kooperatif tipe TGT dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas VII C SMP Negeri 5 Sleman. Kata Kunci: TGT, Keaktifan, dan Hasil Belajar IPS Y1 - 2013/// UR - http://library.fis.uny.ac.id/ TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TORNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII C SMP NEGERI 5 SLEMAN AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY20357 ER -