%0 Thesis %9 S1 %A Safitri, Novika Malinda %A Nur Hidayah, %A Supardi, %B Pendidikan IPS %D 2013 %F UNY:20355 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PERBEDAAN METODE CLASSWIDE PEER TUTORING DAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP N 14 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/20355/ %X Keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta tergolong masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keaktifan dan hasil belajar adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui Perbedaan metode Classwide Peer Tutoring dan metode ceramah dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk pre test and post test control group design non equivalent. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode Classwide Peer Tutoring dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan pre test-post test. Uji Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan metode Classwide Peer Tutoring dan pembelajaran dengan metode ceramah dalam meningkatkan keaktifan dan hasil pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Perbedaan ini ditunjukkan dari hasil uji-t untuk keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari signifikasi angket yaitu 0,007<0,05, sedangkan untuk hasil belajar siswa dilihat dari signifikasi post test yaitu 0,000<0,05. Selain itu, perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai persentase angket kelas eksperimen sebesar 66,20%, sedangkan nilai persentase angket kelas kontrol sebesar 62,53% dengan perbedaan 3,67%. Hasil post test siswa menunjukkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,71 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 61,25 dengan perbedaan 5,63. Hal ini menunjukkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan menggunakan metode Classwide Peer Tutoring lebih tinggi daripada dengan menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Classwide Peer Tutoring, Ceramah, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Pembelajaran IPS.