@phdthesis{UNY20339, month = {June}, title = {Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Madrasah Aliyah}, year = {2015}, school = {UNY}, author = {Lisa Femilia Sari}, keywords = {modul fisika, integrasi nilai spiritual, kemandirian belajar, pemahaman konsep}, url = {http://eprints.uny.ac.id/20339/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul fisika tertintegrasi nilai spiritual yang layak untuk pembelajaran peserta didik madrasah aliyah dan (2) mengetahui keefektifan modul fisika terintegrasi nilai spiritual dalam meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep (fisika-integrasi) peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dikemukan oleh Thiagarajan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta pada semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain uji coba lapangan menggunakan desain pretest-postest control design yang terdiri dari 57 peserta didik kelas X MIA MAN 1 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon siswa, lembar observasi, angket kemandirian, dan soal tes pemahaman konsep (fisika-integrasi). Data dianalisis dengan uji mulvariate (MANOVA) dengan taraf signifikansi ({\ensuremath{\alpha}}) 0,05. Penelitian ini menghasilkan: (1) modul fisika terintegrasi nilai spiritual yang layak digunakan pada pembelajaran berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru fisika dengan kategori penilaian ?Baik?, (2) secara statistik, terdapat perbedan signifikan rata-rata kemandirian dan pemahaman konsep (fisika-integrasi) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada gain score kelas kontrol.} }