TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/20273/ AV - restricted TI - KINERJA GURU SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA DALAM PENCAPAIAN VISI DAN MISI ID - UNY20273 M1 - skripsi PB - UNY A1 - Dwista Pameling, Supriyanto Y1 - 2014/04/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan visi dan misi SMA Negeri 3 Yogyakarta dan untuk mengetahui kinerja guru dalam pencapaian visi dan misi sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru-guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perumusan kebijakan visi dan misi SMA N 3 Yogyakarta dilaksanakan secara musyawarah antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan perwakilan guru. Kepala sekolah mengkomunikasikan visi dan misi sekolah kepada guru melalui rapat yang dilakukan sekolah; (2) Implementasi visi dan misi dalam kinerja guru dapat dirumuskan sebagai berikut: (a) Implementasi visi dan misi dalam kinerja guru pada aspek kompetensi pedagogik sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja guru yang sudah menyelenggarakan pembelajaran mendidik, melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi, memberikan teladan kepada siswa, melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum, melengkapi pembelajaran dengan inovasi, mengembangkan kurikulum sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan mengembangkan potensi siswa; (b) Implementasi visi dan misi dalam kinerja guru pada aspek kompetensi profesional sudah dilaksanakan guru dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja guru yang sesuai dengan bidang studinya dan melaksanakan pengayaan materi bidang studi, serta melaksanakan penelitian terkait dengan bidang studi tersebut. Kata Kunci: Implementasi, visi, misi, kompetensi guru, kinerja guru ER -