TY - THES ID - UNY20266 M1 - skripsi TI - PENINGKATAN BUDAYA MUTU UNTUK PENCAPAIAN AKREDITASI DI SEKOLAH DASAR WIDORO YOGYAKARTA AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/20266/ Y1 - 2014/05/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan SD Negeri Widoro dalam peningkatan budaya mutu untuk pencapaian akreditasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan budaya mutu untuk pencapaian akreditasi di SD Negeri Widoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, komite, dan beberapa peserta didik di SD Negeri Widoro. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan teknik yaitu hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara lalu dicek dengan observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan budaya mutu di SD Negeri Widoro telah mampu dilaksanakan dengan baik dilihat dari terpenuhinya 4 elemen yaitu usaha perbaikan, kewenangan, penguatan kinerja, dan rasa memiliki. (2) Faktor pendukung dalam peningkatan budaya mutu untuk pencapaian akreditasi di SD Negeri Widoro adalah semangat dari kepala sekolah dan guru, kedisiplinan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta ketegasan guru terhadap peserta didik. Faktor yang menjadi penghambat adalah sikap orang tua yang tidak peduli pada pendidikan anak, minimnya biaya pendidikan, peserta didik pasif dalam proses pembelajaran, serta suasana pembelajaran tidak kondusif. Kata kunci: Budaya Mutu, Akreditasi A1 - Gita, Adriani PB - UNY ER -