%T PENGARUH GAYA KOGNITIF MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA %D 2015 %I UNY %A Rachmant Eko Nur %X PENGARUH GAYA KOGNITIF MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Eko Nur Rachmanto NIM. 05501241014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara gaya kognitif kecerdasan logika-matematika, kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 2 Yogyakarta secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian prediktif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah siswa SMK N 2 Yogyakarta kelas XII yang berjumlah 95 orang. Pengumpulan data variabel gaya kognitif kecerdasan logika-matematika, kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal menggunakan metode angket. Teknik dokumentasi data prestasi belajar siswa menggunakan nilai mata pelajaran kewirausahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik inferensial parametris dengan korelasi product moment dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ; 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif kecerdasan logika-matematika, linguistik, interpersonal dan intrapersonal dengan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan secara parsial dengan koefisien korelasi masing-masing yaitu: 0,746; 0,617; 0,751; 0,610; 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif kecerdasan logika-matematika, linguistik, interpersonal dan intrapersonal dengan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan secara simultan dengan koefisien korelasi 0,852; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif kecerdasan logika-matematika, linguistik, interpersonal dan intrapersonal dengan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan secara parsial terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan, dengan Thitung = 10,796 > Ttabel = 1,658; Thitung = 7,495 > Ttabel = 1,658; Thitung = 10,931 > Ttabel = 1,658; Thitung = 7,483 > Ttabel = 1,658; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif kecerdasan logika-matematika, linguistik, interpersonal dan intrapersonal terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan, dengan F hitung = 59,757 > F tabel = 3,94. Kata kunci : gaya kognitif, multiple intelligences, prestasi belajar, kewirausahaan. vii %L UNY20217