TY - JOUR KW - berpikir alternatif KW - fisika modern Y1 - 2007/08// ID - UNY20206 JF - Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007 PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY N2 - Pada umumnya guru fisika kurang menyadari bahwa melalui pembelajaran materi fisika dapat dikembangkan berbagai kemampuan berpikir. Ini terjadi karena ketika mereka menjadi mahasiswa kurang mengalami sendiri berbagai pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir alternatif para calon guru melalui pembelajaran fisika modern. Kemampuan berpikir yang dilatihkan dalam penelitian ini meliputi kemampuan melakukan inferensi, memahami sebab akibat, dan melakukan pemodelan matematik. Penelitian ini menggunakan metode one-group pretes-postes design, dengan subjek penelitian mahasiswa calon guru pada semester ketiga program studi pendidikan fisika. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada ketiga kemampuan berpikir untuk mahasiswa kelompok atas dan dua kemampuan berpikir untuk mahasiswa kelompok rendah. Satu-satunya kemampuan yang tidak meningkat secara signifikan adalah kemampuan pemodelan matematik pada mahasiswa kelompok rendah. Disarankan terjadi perluasan implementasi pembelajaran fisika yang melatih berbagai kemampuan berpikir untuk mengembangkan kemampuan berpikir alternatif. UR - http://fmipa.uny.ac.id A1 - Hartono, Hartono TI - Melatih Kemampuan Berpikir Alternatif Melalui Pembelajaran Fisika Modern AV - public SN - 978-979-99314-2-9 ER -