@phdthesis{UNY20179, school = {UNY}, year = {2015}, month = {June}, author = {Khotimah Titi Khotimah}, title = {PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 WONOSARI}, url = {http://eprints.uny.ac.id/20179/}, abstract = {PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh: Titi Khotimah 07505241022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Wonosari. Kinerja guru dapat dilihat dari indikator, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pembimbingan, serta pengembangan keprofesian berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilakukan di SMK Negeri 2 Wonosari pada bulan September 2011. Berdasarkan Nomogram Harry King dengan kepercayaan sampel terhadap populasi 90\% atau tingkat kesalahan 10\%, maka jumlah sampel yang didapat sebanyak 37 orang. Data diambil dengan menggunakan 2 metode yaitu angket dan dokumentasi. Pengujian validasi instrumen dengan expert judgement dan kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis korelasi sederhana (product moment). Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Wonosari dengan korelasi variabel bebas dengan variabel terikat adalah 0,498 dan R2= 0,248 pada taraf signifikansi 10\%. Hal ini berarti kontribusi variabel X (MBS) terhadap variabel Y (kinerja guru) adalah 24,8\%. Sehingga masih sisa 75,2\% faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru di SMK Negeri 2 Wonosari. Kata kunci : Manajemen Berbasis Sekolah, Kinerja Guru.} }