%X Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya tanggung jawab dan aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran IPS. Berdasar masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan tanggung jawab dan aktivitas belajar siswa melalui teknik Kancing Gemerincing pada pembelajaran IPS kelas VIII B SMP N 4 Depok Tahun Ajaran 2012/2013 dan hasil peningkatannya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP N 4 Depok Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 36 siswa. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus melalui proses perencanaan (planning), tindakan dan observasi (act and observe) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Keabsahan data dicek menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan tindakan adalah ketika rata-rata tanggung jawab dan aktivitas belajar siswa ≥76% serta ketika jumlah hasil belajar siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75% dari jumlah keseluruhan siswa di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Kancing Gemerincing mampu meningkatkan tanggung jawab dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII B SMP N 4 Depok Tahun Ajaran 2012/2013. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, menjaga lingkungan belajar agar tetap kondusif, menyelesaikan tugas tepat waktu, mempertanggungjawabkan hasil diskusi, membaca, menyatakan pendapat, mendengarkan, menulis, bergerak, memecahkan masalah, dan bersikap antusias dalam pembelajaran meningkat. Tanggung jawab belajar siswa siklus I sebesar 68,8% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 79,6%. Aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 71,4% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 83,7%. Kemudian pencapaian KKM pada siklus I sebesar 63,9% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 80,5%. Upaya peningkatan yang dilaksanakan adalah dengan menerapkan Teknik Kancing Gemerincing disertai penggunaan variasi tugas (penggunaan kuis dan diskusi) dengan pengaturan waktu yang baik, pemberian penghargaan, sumber dan media pembelajaran yang bervariasi, penjelasan peraturan melalui simulasi, dan penggunaan kancing yang berbeda warna untuk masing-masing anggota. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Teknik Kancing Gemerincing, Tanggung Jawab Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa. %A Putri Ayu Asmaningtyas Lintangsari %L UNY20165 %T PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII B SMP N 4 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013 %D 2013 %I Fakultas Ilmu Sosial