%0 Thesis %9 S1 %A Wardani, Desilia Kusmitantia %B Pendidikan Seni Tari %D 2012 %F UNY:20155 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K LEAP, terapi okupasi, autis %T PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN METODE LEAP UNTUK MENINGKATKAN SASARAN TERAPI OKUPASI PADA ANAK AUTIS DI SLB BINA ANGGITA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/20155/ %X Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sasaran terapi okupasi pada anak autis menggunakan pembelajaran tari dengan metode LEAP di SLB Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas siang (dewasa) di SLB Bina Anggita Yogyakarta yang berjumlah 5 orang siswa. Penelitian ini menerapkan metode LEAP dalam pembelajaran seni tari dan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : a) kemampuan menari siswa autis meningkat dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan adanya peningkatan skor rata-rata aspek wiraga sebesar 13,37 kemudian aspek wirama sebesar 11,67 dan melalui pengamatan dari sebelum pelaksanaan tindakan dengan setelah pelaksanaan tindakan, b) peningkatan kemampuan menari tersebut berdampak pada meningkatnya sasaran terapi okupasi siswa dari siklus I ke siklus II, yang dapat dilihat dari peningkatan skor aspek fisik sebesar 8,33; intelektual sebesar 15; sosial sebesar 12,50; emosi sebesar 10, dan melalui pengamatan dari sebelum tindakan dengan setelah pelaksanaan tindakan. Selain itu peneliti juga mengadakan wawancara dengan guru pendamping dan rata-rata menyetujui bahwa pembelajaran seni tari menggunakan metode LEAP dapat meningkatkan sasaran terapi okupasi bagi anak autis.