<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN"^^ . "Kemampuan berpikir kritis kurang dikembangkan di sekolah. Keadaan tersebut terjadi di SMP N 2 Srandakan dalam pembelajaran IPS berpikir kritis siswa yang rendah ditambah lagi hasil belajar siswa rendah. Rendahnya berpikir kritis dan hasil belajar siswa menjadikan guru harus mampu untuk menerapkan metode yang dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, salah satunya adalah metode Creative Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Srandakan.\r\nDesain penelitian ini Pre Experimental dan jenis penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Metode Creative Problem Solving sebagai variabel bebas dan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Subyek penelitian menggunakan kelas VIII E di SMP N 2 Srandakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Instrumen angket dan divalidasi menggunakan validasi eksternal. Instrumen observasi dan tes divalidasi expert judgement. Uji reliabilitas angket menggunakan rumus Cronbach's Alpha, sedangkan tes menggunakan rumus split half. Uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Analisis data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan analisis statistik paired-samples t-test.\r\nHasil penelitian ini ada pengaruh metode Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Srandakan. Dibuktikan dengan analisis statistik paired-samples t-test yakni perbedaan antara hasil angket sebelum dan angket sesudah, kenaikan sebesar 3.3226 dengan nilai thitung > ttabel (2.688 > 1,671) dan p < 0,05 (p = 0,012 < 0,05). Pada hasil belajar rata-rata skor pretest 46.0194 dan posttest meningkat menjadi 77.8452, kenaikan sebesar 31.8258 dengan nilai thitung > ttabel (12.066 > 1,671) dan < 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Disimpulkan hipotesis pertama Ho1 ditolak dan Ha1 diterima sehingga ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir. Hipotesis kedua Ho2 ditolak dan Ha2 diterima sehingga ada pengaruh terhadap hasil belajar. Jadi metode Creative Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Srandakan.\r\nKata kunci: Metode Creative Problem Solving, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Pembelajaran, IPS."^^ . "2013" . . . . . . . . . "Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . "Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . . . . . . . "Soraya Yuli"^^ . "Hapsari"^^ . "Soraya Yuli Hapsari"^^ . . "Muhammad Nur Sa’ban"^^ . . . . . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . . "HALAMAN DEPAN IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf"^^ . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . . "BAB I IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf"^^ . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . . "BAB II IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf"^^ . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . . "BAB III IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf"^^ . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . . "PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN (Other)"^^ . . . . "HTML Summary of #20126 \n\nPENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN\n\n" . "text/html" . . . "Penelitian"@en . . . "Pendidikan IPS" . .