TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan antara interaksi belajar siswa yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah; dan 2) Perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan jenis desain nonequivalent control group design yaitu dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) yang dipilih tidak secara random diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kedua kelompok. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket, soal pre-test & post-test. Teknik analisis data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan interaksi belajar siswa antara yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah karena berdasarkan observasi, persentase hasil observasi metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari persentase hasil observasi metode ceramah (86,25%>53,75%; 88,75%>58,75%; 84%>56%; 85,33%>57,33%). Dari angket, diperoleh persentase hasil angket interaksi metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari persentase hasil angket interaksi metode ceramah (83,86%>57,40%). Dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,795>1,994) juga diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 taraf signifikansi 5%; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah karena berdasarkan rerata hasil tes, rerata hasil tes dengan metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari rerata hasil tes dengan metode ceramah (84,44>68,33; 83,06>69,17). Dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (9,291>1,994 dan 7,957>1,994) juga diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Interaksi Belajar, Hasil Belajar IPS, Ceramah. UR - http://library.fis.uny.ac.id/ Y1 - 2013/// ID - UNY20125 AV - restricted TI - PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Nurhayati, Fitri ER -