<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan antara interaksi belajar siswa yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah; dan 2) Perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Tempel.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan jenis desain nonequivalent control group design yaitu dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) yang dipilih tidak secara random diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kedua kelompok. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket, soal pre-test & post-test. Teknik analisis data menggunakan program SPSS.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan interaksi belajar siswa antara yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah karena berdasarkan observasi, persentase hasil observasi metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari persentase hasil observasi metode ceramah (86,25%>53,75%; 88,75%>58,75%; 84%>56%; 85,33%>57,33%). Dari angket, diperoleh persentase hasil angket interaksi metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari persentase hasil angket interaksi metode ceramah (83,86%>57,40%). Dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,795>1,994) juga diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 taraf signifikansi 5%; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah karena berdasarkan rerata hasil tes, rerata hasil tes dengan metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari rerata hasil tes dengan metode ceramah (84,44>68,33; 83,06>69,17). Dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (9,291>1,994 dan 7,957>1,994) juga diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 taraf signifikansi 5%.\r\nKata Kunci: Numbered Heads Together, Interaksi Belajar, Hasil Belajar IPS, Ceramah."^^ . "2013" . . . . . . . . . "Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . "Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . . . . . . . "Fitri"^^ . "Nurhayati"^^ . "Fitri Nurhayati"^^ . . "Sugiharyanto"^^ . . . . . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "Halaman Awal IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf"^^ . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "Abstrak IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf"^^ . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "BAB I IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf"^^ . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "BAB II IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf"^^ . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "BAB III IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf"^^ . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . . "PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL (Other)"^^ . . . . "HTML Summary of #20125 \n\nPERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL\n\n" . "text/html" . . . "Penelitian"@en . . . "Pendidikan IPS" . .