TY - THES A1 - Pristiyani, Valentina Ika TI - PERBEDAAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA SMP NEGERI 2 SEWON TAHUN AJARAN 2012/2013 PB - Fakultas Ilmu Sosial AV - restricted Y1 - 2013/// ID - UNY20123 UR - http://library.fis.uny.ac.id/ M1 - skripsi N2 - Pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon terdapat permasalahan, yaitu rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode picture and picture dan metode ceramah dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk pretest posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode picture and picture dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode picture and picture lebih meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan metode ceramah. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t untuk motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (2.433 > 2.008). Sedangkan uji-t untuk aktivitas belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (2.653 > 2.008). Selain itu perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai persentase angket motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 77%, sedangkan kelas kontrol sebesar 72%. Kemudian dari nilai persentase angket aktivitas belajar kelas eksperimen sebesar 76%, sedangkan kelas kontrol sebesar 72%. Berdasarkan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode picture and picture dan metode ceramah dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Metode Picture and Picture, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Belajar IPS ER -