%T MOTIVASI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 2 JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH %D 2014 %I Universitas Negeri Yogyakarta %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi siswa terhadap pembelajaran seni tari di SMP Negeri 2 Jumapolo Kabupaten Karanganyar Surakarta Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data, klasifikasi data, display data, dan menyusun kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi siswa terhadap pembelajaran seni tari di SMP Negeri 2 Jumapolo meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, motivasi ekstrinsik yang banyak berpengaruh dengan motivasi siswa dalam pembelajaran seni tari (2) motivasi intrinsik terhadap pembelajaran seni tari meliputi minat dan antusias siswa terhadap pembelajaran seni tari (3) motivasi siswa secara ekstrinsik terhadap pembelajaran seni tari yang berasal dari guru antara lain, pemberian hadiah bagi siswa yang sesuai dengan kompetensi, kompetisi antar siswa dan kelas, hukuman berupa denda, pujian kepada siswa yang unggul, pemberian angka/ nilai yang sesuai, ego-involvemen, mengadakan ulangan, mengetahui hasil nilai yang diperoleh, dan memberikan perhatian kepada siswa. Motivasi ekstrinsik yang berasal dari sekolah yaitu penyediaan sarana prasarana, dan semboyan-semboyan yang memotivasi. Motivasi ekstrinsik yang berasal dari orangtua yaitu memberikan perhatian dan sarana prasarana kepada siswa. %A Desi Nomitasari %K motivasi, pembelajaran seni tari %L UNY20114