eprintid: 20113 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1200 dir: disk0/00/02/01/13 datestamp: 2015-06-08 03:55:18 lastmod: 2019-01-29 23:17:06 status_changed: 2015-06-08 03:55:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fajar, Danang Anikan title: PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MELALUI FLIP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN SENI TARI UNTUK SISWA SMA/MA ispublished: pub subjects: art_senitari divisions: fbs_pend_seni_tari full_text_status: public keywords: pembelajaran interaktif, flip book abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media interaktif mata pelajaran tari untuk pembelajaran tari nusantara di SMA/MA yang tervalidasi oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa calon pengguna dalam mengatasi permasalahan pembelajaran seni tari di sekolah, bisa juga digunakan sebagai media pembelajaran mandiri di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, meliputi analisis kebutuhan dan studi literal. Tahap kedua pengembangan produk media pembelajaran, meliputi membuat desain materi pembelajaran, membuat flowchart, membuat storyboard, pengumpulan bahan pendukung, memproduksi media pembelajaran, dan pengemasan produk. Ketiga melakukan uji coba produk. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah Bapak Kusnadi, M.Pd, ahli media pembelajaran, Ibu Ambar Sulistyo Murti, S.Pd, ahli materi pembelajaran, peer reviewer dan siswa seni tari kelas XI SMA 1 Seyegan. Kualitas media pembelajaran yang di kembangkan dipertanggung jawabkan dengan analisis data kuesioner. Data tersebut kemudian diubah dalam bentuk skor standar seratus. Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor rata-rata akhir minimal 70. Maka, apabila skor rata-rata akhir kurang dari 70 maka media pembelajaran tersebut dinyatakan kurang layak. Berdasarkan hasil evaluasi ahli materi, diperoleh hasil penilaian pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 100, aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 87,5 dan aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 90 dan termasuk kategori layak. Hasil evaluasi ahli media tahap kedua diperoleh hasil penilaian pada aspek tampilan memiliki skor rata-rata sebesar 90, aspek pemrograman memiliki skor rata-rata hasil sebesar, aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 80 dan termasuk kategori layak. Berdasarkan hasil uji coba peer reviewer diperoleh hasil penilaian pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 84,25, aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 84,5 dan termasuk kategori layak. Berdasarkan hasil uji coba siswa diperoleh hasil penilaian pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 85, aspek materi memiliki skor ratarata hasil sebesar 82 dan termasuk kategori layak. Berdasarkan analisis kuisioner dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran tari di SMA/MA. date: 2014-06-14 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Seni Tari thesis_type: skripsi citation: Fajar, Danang Anikan (2014) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MELALUI FLIP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA PELAJARAN SENI TARI UNTUK SISWA SMA/MA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/20113/1/Danang%20Anikan%20Fajar%2008209241010.pdf