eprintid: 20107 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/02/01/07 datestamp: 2015-06-10 00:13:49 lastmod: 2019-01-29 23:16:49 status_changed: 2015-06-08 03:41:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setyaningsih, Devi creators_name: Listyani, Endang title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS (BERTUKAR PASANGAN) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KASIHAN BANTUL ispublished: pub subjects: F4 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif teknik Change Of Pairs (Bertukar Pasangan) dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan, serta mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Change Of Pairs (Bertukar Pasangan) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Kasihan dengan sampel penelitian ini adalah 2 kelas dari 5 kelas pada kelas VIII di SMP N 1 Kasihan yang dipilih secara acak (simple random sampling) yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik Change Of Pairs (Bertukar Pasangan) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen non tes yang berupa lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang dilakukakan oleh para ahli dengan hasil layak digunakan dengan revisi. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis, kriteria kefektifan dalam pengujian hipotesis ini adalah pembelajaran dikatakan efektif jika rata-rata skor posttest siswa minimal mencapai KKM yaitu 75. Kesimpulan yang diperoleh adalah 1)model pembelajaran kooperatif teknik Change Of Pairs (Bertukar Pasangan) efektif, 2)model pembelajaran konvensional efektif, dan 3)model pembelajaran kooperatif teknik Change Of Pairs (Bertukar Pasangan) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Change Of Pairs (Bertukar Pasangan), konvensional, pemahaman konsep date: 2015-05-22 date_type: published institution: UNY department: Jurusan Pendidikan Matematika thesis_type: skripsi citation: Setyaningsih, Devi and Listyani, Endang (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS (BERTUKAR PASANGAN) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/20107/1/Bab%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/20107/2/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/20107/3/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/20107/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf