TY - THES Y1 - 2015/06/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode mengetahui perbedaan yang menggunakan prestasi belajar pada pembelajaran maupun yang menggunakan metode ceramah Penelitian ini dilakukan dengan metode Nonequivalent Control G siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK N siswa yang terbagi dalam kelas dipilih secara acak 2: 36 siswa dan X menggunakan pendapat ahli dan uji reliabilitas. untuk mengetahui perbedaan atau peningkatan perlakuan dan analisis data dengan menggunakan uji anova dua jalur untuk pengaruh nilai UN terhadap Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode Group Investigat ceramah dengan hasil rata yang signifikan antara siswa kelas yang menggunakan metode pembelajaran investigation dan siswa kelas dengan metode ceramah dengan hasil uji hipotesis (t test) dengan thitung > t prestasi siswa kelas X untuk mata pelajaran Konversi Energi dengan hasil fhitung < f dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sis kontrol dilihat dari uji t terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Konversi Energi dua jalur dengan fhitung Kata Kunci : pembelajaran Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala petunjuk, rahmat dan hidayah-Nya, sehingga vii di SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh : DHARMA PANCA SANDI NIM. 08503241008 ABSTRAK untuk: (1) mengetahui prestasi siswa kelas X yang Group Investigation dalam pembelajaran Konversi Energi; hasil belajar menggunakan metode Group Investigat metode ceramah; (3) mengetahui pengaruh menggunakan metode Group Investigat ceramah. quasi eksperimen Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah semua 3 Yogyakarta yang berjumlah 4 kelas. Dengan teknik random sampling, dimana sampel dengan undian dan sampel yang terpilih adalah kelas X TP 4: 35 siswa. Pengujian instrumen dilakukan dengan Analisis data menggunakan uji prestasi belajar prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan. bahwa: (1) peningkatan prestasi belajar siswa Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan metode rata-rata (71,21>67,41); (2) terdapat perbedaan prestasi belajar ttable (2,11>2,00); (3) tidak terdapat pengaruh nilai UN terhadap berdasarkan uji anova ftabel (1,3<4,00 (5%)) dan 1,3<7,08 (1%)). Dari hasil tersebut siswa kelas eksperimen dan t-test sebesar 2,11 serta tidak terdapatnya pengaruh nilai UN dilihat dari uji anova hitung sebesar 1,3. embelajaran Group Investigation, prestasi belajar siswa KATA PENGANTAR penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi dan am (2) Investigation dan nilai UN terhadap Investigation dengan desain A1 - DHARMA, PANCA SANDI PB - U N Y ID - UNY20085 M1 - skripsi TI - PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING STRATEGI (CLS) TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN TEORI KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI KELAS X di SMK N 3 YOGYAKARTA AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/20085/ ER -