eprintid: 20068 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1230 dir: disk0/00/02/00/68 datestamp: 2015-06-10 00:13:56 lastmod: 2019-01-29 23:15:15 status_changed: 2015-06-08 01:37:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur Aziza, Luthviana corp_creators: Mahendra Adhi Nugroho, M.Sc. title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SMK KELAS X AKUNTANSI DENGAN KOMPETENSI DASAR KREDIT MACET ispublished: pub subjects: A1 subjects: eko_akuntansi divisions: fe_pend_akuntansi full_text_status: public abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif untuk siswa kelas X akuntansi dengan kompetensi dasar kredit macet sebagai sumber belajar dan media pembelajaran yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( research and development ). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg and Gall. Adapun tahapan tersebut yaitu : Pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Tahap pendahuluan meliputi analisis kebutuhan yakni dengan melaksanakan studi lapangan dan studi pustaka. Tahap perencanaan meliputi menentukan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan pengembangan materi pembelajaran. Tahap pengembangan meliputi mengumpulkan bahan-bahan pendukung, tahapan pengembangan desain produk, finishing prototype produk, dan validasi ahli. Setelah produk melalui tahap validasi ahli dan dinyatakan layak maka dilanjutkan dengan tahap uji coba. Tahap uji coba produk, produk multimedia pembelajaran interaktif diuji cobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba satu-satu yang melibatkan 2 siswa, uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 siswa, dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 20 siswa sebagai subjek penelitia. Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Magelang. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan aspek pemrograman, kualitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dengan presentase 82,4%. dengan demikian, dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran dasar-dasar perbankan pada kompetensi dasar kredit macet sudah layak digunakan oleh siswa kelas X SMK Negeri 2 Magelang sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok. Kata kunci ; Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pembelajaran, Kredit Macet, Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK. date: 2015 date_type: published institution: Fakultas Ekonomi UNY department: Pendidikan Akuntansi thesis_type: skripsi citation: Nur Aziza, Luthviana (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SMK KELAS X AKUNTANSI DENGAN KOMPETENSI DASAR KREDIT MACET. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/20068/1/skripsi%20full.pdf