TY - THES M1 - skripsi ID - UNY20065 KW - puzzle KW - berbicara KW - SMKN 1 Bantul AV - public TI - EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XII SMKN 1 BANTUL UR - http://eprints.uny.ac.id/20065/ Y1 - 2014/04/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)perbedaan prestasi belajar ketrampilan berbicara bahasa prancis yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar puzzle dengan siswa yang tidak diajar menggunakan media gambar puzzle, (2)untuk mengetahui keefektifan pembelajaran ketrampilan berbicara bahasa Prancis yang menggunakan media gambar puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas XII PM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan XII PM 2sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa.Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Analisis data di atas menghasilkan nilai t-hitung sebesar 4,690 dengan db= 29 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5 % dan db= 29 yaitu sebesar 2,045. Dengan demikian penggunaan media gambar puzzle dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa kelas XII SMKN 1 Bantul lebih efektif daripada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis dengan yang tidak menggunakan media puzzle. Pada media gambar puzzle memiliki rata-rata 10,47 sedangkan untuk kelas yang tidak menggunakan media puzzle memperoleh rata-rata nilai 9,5. A1 - Nugroho, Angga Wahyu PB - Fakultas Bahasa dan Seni ER -