TY - THES PB - Fakultas Bahasa dan Seni A1 - Rachman, Aditya Y1 - 2014/01/17/ N2 - Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan prestasi siswa kelas XI SMA N 2 Klaten antara yang diajar menggunakan metode simulasi dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode simulasi. (2) efektivitas metode simulasi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa kelas XI SMA N 2 Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Klaten yang terdiri dari 314 siswa. Peneliti memilih sampel kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling yang digunakan dalam pembelajaran di kelas berikut : kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol (25 siswa) dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen (32 siswa). Validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas isi dan validitas konstruk. Sedangkan reliabilitas yang digunakan yaitu reliabilitas Alpha Cronbach. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukan analisis t-test, t-hitung sebesar 6,377 dan t-tabel sebesar 2,0049. Jadi t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan df (degree of freedom) = 54 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hal tersebut berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode simulasi dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode simulasi. Kemudian hasil dari gain score menunjukan nilai dari kelas eksperimen sebesar 0,485 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,176. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi lebih efektif daripada metode konvensional dalam keterampilan berbicara bahasa Prancis. UR - http://eprints.uny.ac.id/20063/ KW - simulasi KW - berbicara KW - SMA N 2 klaten AV - public TI - EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA N 2 KLATEN ID - UNY20063 M1 - skripsi ER -