TY - THES AV - public KW - puzzle games KW - menulis paragraf deskriptif KW - SMK TI - KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE GAMES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF BAHASA PRANCIS SISWA PROGRAM PROGRAM AKOMODASI PERHOTELAN KELAS XI SMK WIYASA MAGELANG M1 - skripsi ID - UNY20036 UR - http://eprints.uny.ac.id/20036/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (a) ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis paragraf deskripsi bahasa Prancis kelas XI SMK Wiyasa, antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media puzzle games dan yang tanpa menggunakan media puzzle games, dan (b) efektivitas penggunaan media puzzle games pada pembelajaran menulis paragraf deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test group design. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Wiyasa Magelang. Penentuaan sampel menggunakan teknik random sampling. Berasarkan hasil teknik random sampling diperoleh sampel kelas XI APH 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI APH 3 sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil post-test diperoleh nilai t-hitungsebesar 2,324 dengan db = 28, dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan db = 28 diperoleh 1,701. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel (2,324 > 1,701) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil mean post-test kelas eksperimen yaitu 11,50 dengan peningkatan skor sebesar 2,10 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 10,57 dengan peningkatan skor sebesar 0,49. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle games lebih efektif daripada media konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis Y1 - 2014/02/26/ A1 - Wulandari, Nita PB - Fakultas Bahasa dan Seni ER -