TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/19932/ ID - UNY19932 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA SINAU MACA AKSARA JAWA (SI MARJA) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SD N KEPUTRAN A YOGYAKARTA AV - public A1 - Kusuma, Ervan Adi PB - PGSD Y1 - 2015/06/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Si Marja yang layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa di kelas IV SD N Keputran A Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian dilakukan dengan langkah: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk media dan validasi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan penyempurnaan produk. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba terhadap siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media, angket siswa, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif menggunakan naratif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi mendapat nilai ratarata 4,54 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,34 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,3 merupakan kategori sangat baik, sedangkan uji coba kelompok kecil mendapatkan skor sebesar 4,5 yang termasuk kategori sangat baik.Secara kualitatif media pembelajaran interaktif Si Marja memenuhi kriteria dari segi materi yaitu sesuai dengan kurikulum dan tingkat pemahaman siswa yaitu mengenal aksara Jawa legena, sandhangan swara, dan sandhangan panyigeg. Berdasarkan pengamatan secara langsung, media pembelajaran interaktif Si Marja dapat memotivasi siswa belajar membaca aksara Jawa. Kata kunci: pengembangan, media interaktif Si Marja, aksara Jawa ER -