@phdthesis{UNY19832, month = {June}, author = {Aji Saputro Anjar}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI SMK N 2 YOGYAKARTA}, school = {U N Y}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/19832/}, abstract = {EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh: ANJAR AJI SAPUTRO NIM. 10518241006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model Project Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, (2) efektivitas model Project Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah afektif, dan (3) efektivitas model Project Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experiment Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X1 dan X2 Program Keahlian Teknik Audio Video SMK N 2 Yogyakarta sejumlah 61 siswa. Kelas X1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui ranah kognitif, angket digunakan untuk mengukur afektif siswa, dan checklist observasi digunakan untuk mengukur psikomotor siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model Project Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered. Efektivitas dilihat dari hasil skor gain. Uji-t skor gain menghasilkan perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 7,211{\ensuremath{>}}2,00. (2) Penggunaan model Project Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan afektif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered. Efektivitas dilihat melalui uji-t yang menghasilkan perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 4,631{\ensuremath{>}}2,00. (3) Penggunaan model Project Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan psikomotor siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered. Efektivitas dilihat melalui uji-t yang menghasilkan perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 7,244{\ensuremath{>}}2,00. Kata kunci: afektif, kognitif, Project Based Learning, psikomotor} }