%T ANALISIS PENGEMBANGAN STTS (SISTEM TATA TERTIB SISWA) DI SMAN 2 MATARAM %D 2015 %I U N Y %L UNY19737 %X ANALISIS PENGEMBANGAN STTS (Sistem Tata Tertib Siswa) di SMAN 2 Mataram Oleh: Andal Prabakti Utama NIM 09520244007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) melakukan pengembangan perangkat lunak Sistem Tata Tertib Siswa yang mampu menunjang kebutuhan SMAN 2 Mataram terkait penerapan tata tertib, (2) melakukan analisis faktor functionality pada Sistem Tata Tertib Siswa, (3) melakukan analisis faktor reliability Sistem Tata Tertib Siswa, (4) melakukan analisis faktor usability pada Sistem Tata Tertib Siswa, (5) melakukan analisis faktor maintainability pada Sistem Tata Tertib Siswa, dan (6) melakukan analisis faktor portability pada Sistem Tata Tertib Siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R & D) (Sugiyono, 2009). Pengembangan produk dilakukan melalui 7 langkah, yaitu: (1) Identifikasi Potensi dan Masalah, (2) Analisis Kebutuhan dan Pengumpulan Data, (3) Desain Sistem, (4) Implementasi Sistem, (5) Validasi Sistem, (6) Revisi Sistem, dan (7) Uji Coba Sistem. Hasil yang didapat sesuai prosedur pengujian perangkat lunak yang telah dilakukan yaitu: (1) Sistem Tata Tertib Siswa mampu menyelesaikan masalah manipulasi data dan masalah ketersediaan data-data di buku saku siswa dan buku rekap yang kerap hilang, (2) hasil pengujian perangkat lunak telah memenuhi kaidah software quality berdasarkan ISO 9126 dengan hasil functionality menunjukkan nilai 1 (kategori Baik), reliability bernilai 1 sehingga dikatakan Reliabel, Usability bernilai 4,40 (kategori Sangat Layak), Maintainability yang mengambil nilai kompleksitas sebesar 1,52 yang sangat rendah sehingga maintainability dikategorikan Baik. Aspek portability menunjukkan nilai 1 (kategori Baik). Kata kunci: sistem tata tertib siswa, stts, software quality, tata tertib, pencatatan %A Prabakti Utama Andal