%L UNY19659 %A Khana Isnaniyati %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar Geografi dan karakter siswa setelah penerapan metode think-pair-share. (2) mendapatkan bukti peningkatan hasil belajar Geografi dan karakter siswa setelah penerapan metode Think-Pair-Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPS SMA Sunan Kalijaga yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, pedoman observasi penilaian karakter, pengamatan proses pembelajaran dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam mata pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa SMA Sunan Kalijaga dapat ditempuh dengan cara keteladanan dan metode kooperatif model think-pair-share. (2) Bukti peningkatan hasil belajar dan karakter siswa SMA Sunan Kalijaga yang terjadi yaitu peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada persentase siswa yang mendapatkan nilai ≥7 dari keadaan awal 20%, meningkat pada siklus I yaitu 29,17%, meningkat pada siklus II yaitu 46,15% kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 83,33%. Peningkatan skor karakter siswa dapat dilihat pada persentase siswa yang mendapatkan kategori sangat baik dari Siklus I yakni 28%, meningkat pada siklus II yaitu 38,46%, kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 80%. Kata kunci: hasil belajar, karakter, metode Think-Pair-Share. %D 2013 %I Fakultas Ilmu Sosial %T UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DAN KARAKTER SISWA DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE DI SMA SUNAN KALIJAGA CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA