@phdthesis{UNY19648, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, author = {ASTI WIJAYANTI}, title = {EFEKTIVITAS METODE TEAMS ? GAMES ? TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA}, year = {2013}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) efektivitas metode TGT dibandingkan metode konvensional terhadap kerjasama siswa pada pembelajaran geografi. 2) Efektivitas metode TGT dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 235 siswa dan terdiri dari 7 kelas. Jumlah sampel sebanyak 67 siswa yang terdiri 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar, kuesioner, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa perhitungan uji independent samples t-test dan gain score. Hasil penelitian ini adalah: 1) metode TGT lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap kerjasama siswa pada pembelajaran geografi kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji independent samples t-test terdapat perbedaan yang signifikan kerjasama siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dari data kuesioner yaitu nilai Sig. 0,000 dan dari data observasi nilai Sig. 0,000. Perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa metode TGT lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap kerjasama siswa. Besarnya efektivitas dilihat dari perolehan gain score data kuesioner kelas eksperimen 0,76 (tinggi) dan kelas kontrol 0,03 (rendah) kemudian pada data observasi kelas eksperimen 0,8 (tinggi) dan kelas kontrol 0 (rendah). 2) Metode TGT lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran geografi kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji independent samples t-test terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dengan perolehan nilai Sig 0,000. Perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa metode TGT lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya efektivitas dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,58 (sedang) dan kelas kontrol 0,07 (rendah). Kata kunci: Efektivitas, Metode TGT, Kerjasama Siswa, Prestasi Belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/19648/} }