TY - THES ID - UNY19600 M1 - skripsi TI - PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DI RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/19600/ Y1 - 2015/05/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan: (1) Memperoleh informasi mengenai bentuk pemberdayaan anak jalanan usia sekolah, (2) Memperoleh informasi mengenai dampak untuk anak jalanan paska kegiatan pemberdayaan anak jalanan usia sekolah, (3) Memperoleh informasi mengenai faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan anak jalanan usia sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah, tutor, anak jalanan peserta pemberdayaan, dan pengelola Rumah Singgah Ahmad Dahlan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk pemberdayaan Rumah Singgah Ahmad Dahlan bagi anak jalanan yakni Konseling anak dan keluarga, Kesenian, Pendidikan, Pelatihan Keterampilan, Program Bimbingan Agama Islam serta Program Pemagangan. (2) Dampak untuk anak jalanan paska pemberdayaan: (a) dalam segi ekonomi, anak jalanan mampu memenuhi kebutuhan dengan menggunakan keterampilan yang diperoleh untuk bekerja, (b) dalam segi sosial, anak dapat berbaur dengan masyarakat melalui nilai dan norma yang diterapkan oleh anak jalanan dalam kehidupannya, dan (c) dalam segi psikologis, anak jalanan termotivasi untuk merubah pola hidupnya menjadi teratur dan mempunyai semangat untuk hidup mandiri. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pemberdayaan anak jalanan, yaitu: (a) adanya dukungan dari masyarakat dan mahasiswa, (b) bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah, dan (c) semangat dari anak jalanan yang ingin hidupnya berubah, maju dan lepas dari jalanan. faktor penghambatnya, yaitu: (a) karakter anak yang berbeda, (b) mental anak jalanan itu sendiri, (c) dana yang terbatas, (d) kurangnya tenaga pendidik yang kompeten, dan (e) kurangnya pengelola di Rumah Singgah. Kata kunci: Pemberdayaan, Anak Jalanan Usia Sekolah, Rumah Singgah A1 - Aditya Kurniawan, Aditya PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ER -