TY - THES ID - UNY19586 M1 - skripsi KW - Prestasi Belajar KW - Seni Budaya KW - Ekstrakurikuler AV - public TI - PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA YANG AKTIF DAN YANG TIDAK AKTIF DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO UR - http://eprints.uny.ac.id/19586/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 2 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non eksperimental dengan teknik komparatif (membandingkan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni sebanyak 39 siswa, dan siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler seni sebanyak 103 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan tes praktik. Dalam penelitian ini, instrument tes tertulis diadakan uji validitas dan reliabilitas, Teknik analisis data menggunakan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dan yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 2 Purworejo. Adanya perbedaan yang signifikan ini dibuktikan bahwa siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni terbukti jauh lebih baik daripada siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni di SMP Negeri 2 Purworejo. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji independent t test diperoleh thitung pada nilai tes tertulis sebesar 11,391 lebih besar dari t tabel sebesar 1,976; dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05; dan thitung pada nilai tes praktik sebesar 4,963 lebih besar dari t tabel sebesar 1,976 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05; dan (2) Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni mempunyai prestasi belajar seni budaya yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni. Hal ini dibuktikan dari prestasi belajar seni budaya siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni diperoleh mean nilai tes tertulis sebesar 8,24 dan mean nilai tes praktik sebesar 8,64; sedangkan prestasi belajar seni budaya siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni diperoleh mean nilai tes tertulis sebesar 6,74 dan mean nilai tes praktik sebesar 8,03. Y1 - 2014/07/07/ A1 - Arini, Nurul Risqa Dwi PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -