%0 Thesis %9 S1 %A Jati, Aufrida Wulan Cahyeng %B Pendidikan Seni Musik %D 2014 %F UNY:19582 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Faktor penghambat, proses pembelajaran biola %T FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PROSES PEMBELAJARAN BIOLA GRADE 1 DI JOGJA MUSIC SCHOOL (JMS) YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/19582/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat pembelajaran biola grade 1 di Jogja Music School (JMS). Hal tersebut dikarenakan terjadi hambatan dan kesulitan dalam pembelajaran biola grade 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran biola grade 1 di Jogja Music School (JMS) sedangkan subjek penelitian adalah pemimpin JMS, Instruktur biola, dan siswa grade 1 yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi yaitu dengan membandingkan hasil wawancara dengan satu responden dengan responden lain, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data dan display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian faktor-faktor penghambat proses pembelajaran biola grade 1 di Jogja Music School adalah sebagai berikut: a) faktor internal berupa: intelegensi siswa, motivasi siswa terhadap pembelajaran biola grade 1, bakat siswa Jogja Music School, minat siswa terhadap pembelajaran biola grade 1. b) faktor eksternal berupa : aspek dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah. Selain dari dua faktor tersebut, dijumpai beberapa faktor lain yang dijumpai menghambat kemampuan siswa dalam bermain biola grade 1 di Jogja Music School (JMS) yaitu : a) Konsistensi siswa terhadap pembelajaran biola grade 1, b) Mood siswa Jogja Music School.