TY - THES ID - UNY19540 M1 - skripsi AV - public KW - Seni Musik KW - Seni Rupa KW - Prestasi Belajar TI - KORELASI ANTARA PRESTASI HASIL BELAJAR SENI MUSIK DAN SENI RUPA SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/19540/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi prestasi belajar mata pelajaran seni budaya bidang seni musik dengan seni rupa siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang pandai dalam bermusik juga mempunyai kualitas menggambar atau melukis yang baik namun hubungan keduanya belum diketahui. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 14 Yogyakarta 2013-2014 berjumlah 136 siswa terdiri dari 63 siswa laki-laki dan 73 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini, instrumen penelitian tidak diadakan uji validitas dan reliabilitas, dikarenakan data penelitian diperoleh dari dokumen nilai mata pelajaran seni musik dan seni rupa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan prestasi belajar mata pelajaran seni budaya bidang seni musik dengan seni rupa siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta tahun pelajaran 2013-2014, hal ini dbuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,626>0,175) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil analisis data juga menunjukkan nilai R2 sebesar 0,392; nilai tersebut memiliki arti bahwa 39,2% perubahan pada variabel prestasi belajar mata pelajaran seni budaya bidang rupa dapat diterangkan oleh prestasi belajar mata pelajaran seni budaya bidang seni musik, sedangkan sisanya 60,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Y1 - 2014/04/16/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Arumbinang, Dimas Rifan ER -