%L UNY19451 %A Diah Nurwidasari %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan dan minat menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Nanggulan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Nanggulan yang berjumlah 32 siswa. Sementara itu, objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan dan minat siswa dalam menulis puisi. Data diperoleh dengan teknik wawancara, catatan lapangan, lembar pengamatan, dokumentasi, angket, dan tes. Selanjutnya, data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan proses dan produk. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran menulis puisi dengan teknik Share one get one mampu meningkatkan minat siswa dalam menulis puisi. Hal ini berdasarkan peningkatan proses pembelajaran, yaitu perhatian terhadap pembelajaran, semangat belajar, keaktifan mengerjakan tugas, ketepatan waktu mengumpulkan tugas, dan ketertiban siswa dalam mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran. Peningkatan proses pembelajaran ini terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II, (2) penggunaan teknik Share one get one dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Pada pratindakan ketuntasan siswa dalam menulis puisi 21,88% dari seluruh siswa, selanjutnya pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 53,13%, dan pada siklus II ketuntasan kembali meningkat menjadi 81,25%. Dengan demikian, penggunaan teknik Share one get one dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Negeti 1 Nanggulan. %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN MINAT MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK SHARE ONE GET ONE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA