%D 2013 %I Fakultas Ilmu Sosial %T PENGARUH REMEDIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 %L UNY19366 %X Remedial merupakan program yang bertujuan membantu peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. Motivasi belajar berperan penting dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh remedial terhadap prestasi belajar Sosiologi pada Siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi pada Siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, (3) pengaruh remedial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi pada Siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Responden dalam penelitian ini adalah 52 orang siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta yang pernah mengikuti program remedial Sosiologi yang diselenggarakan oleh guru Sosiologi selama semester gasal Tahun Ajaran 2012/2013 berlangsung. Pengumpulan data variabel program remedial dan motivasi belajar dilakukan menggunakan angket. Sedangkan pengumpulan data prestasi belajar Sosiologi dilakukan dengan metode dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan pada 30 siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta.Untuk mengetahui pengaruh remedial terhadap prestasi belajar, serta pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, digunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh remedial dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar, digunakan teknik analisis regresi linier berganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan remedial terhadap prestasi belajar Sosiologi pada Siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta yang ditunjukkan oleh persamaan garis regresi Y=52,087+0,600X1dan thitungttabel yakni 2,684>2,000 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan remedial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi pada Siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan oleh persamaan garis regresi Y=20,663+0,587X1+0,698X2 dan Fhitung>Ftabel yakni 5,611>4,030. Sumbangan relatif program remidial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar masing-masing 41% dan 59%. Sumbangan efektif kedua variabel terhadap prestasi belajar sebesar 18,60%. Kata kunci: remedial, motivasi belajar, prestasi belajar. %A Alfiatu Zahroh