%L UNY19363 %I Fakultas Ilmu Sosial %A Dhiah Kurniawati %X Perkembangan internet menciptakan online shop berkembang pesat di Indonesia, namun maraknya penipuan yang terjadi di dalam bisnis online shop menyebabkan kurang percayanya masyarakat terhadap online shop. Penelitian ini melihat pentingnya modal sosial dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah menekuni bisnis online shop lebih dari satu tahun. Obyek penelitian ini adalah modal sosial bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah modal sosial bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yaitu kepercayaan, jaringan sosial dan norma. Kepercayaan dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta adalah suatu bentuk keinginan untuk mengambil resiko dalam transaksi online shop. Jaringan sosial dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta adalah link yang membantu seller untuk mendapatkan banyak informasi. Norma dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta adalah sekumpulan aturan yang diharapkan dipatuhi dan dilaksanakan oleh seller maupun customer. Kata Kunci : Modal sosial, online shop, kepercayaan, jaringan sosial, norma. %T MODAL SOSIAL BISNIS ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2013